Categories
Uncategorized

Tata Cara Mengatasi Virus Rensomware Yang Cukup Meresahkan

evacuate-fukushima.com – Beberapa tahun silam, seluruh dunia digemparkan dengan keberadaan birus baru yang dikenal sebagai rensemware wanacry. Virus ini menyerang sistem operasi berbasis windows dan mengunci semua data milik penggunnanya. Bahkan pengembang virus tersebut juga mengancam memberikan uang untuk kembalinya sebuah data-data tersebut.

Tata Cara Mengatasi Virus Rensomware Yang Cukup Meresahkan
Tata Cara Mengatasi Virus Rensomware Yang Cukup Meresahkan

Virus ini tergolong virus berbahaya karena dapat mengunci sistem anda sepenuhnya. Dan hal ini juga dapat mencegah penggunnaya untuk melewati pesan peringatan tersebut. Sebagian pengguna mungkin akan membayar pelaku kejahatan tersebut dan mendapatkan kode kunci untuk data penting mereka.

Cara Mengatasi Laptop Windows Yang Terkena Virus Sekelas Rensomware

Cara mengatasi virus rensomeware sebenarnya tidak harus menuruti perintah untuk membayar pelaku pengembang virus. Karena tidak ada jaminan jika kita benar-benar mekakukan pembayaran, pelaku akan mengambalikan semua data yang sudah di lock dengan kode tertentu. Bisa jadi itu adalah sebuah jalan lain untuk mengakses data bank anda.

Untuk itu sangat tidak disarankan bagi anda untuk membayar tebusan kepada haker tersebut. Sebuah peringatan yang ditanpilkan pada layar windows anda sebenarnya adalah sebuah gertakan, untuk memberikan rasa takjt pada penggunanya agar mau mmbayar dengan jumlah yang tertera. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

  1. Sesegera Mungkin Untuk Mengisolasi Perangkat Yang Sudah Terinfeksi

Jika perangkat laptop atau PC windows anda sudah dalam keadaan terinfeksi, maka salah satu cara untuk membebaskannya adalah dengan melakukan isolasi perangkat. Artinya kita tidak boleh menghubungkan perangkat yang terinfeksi dengan perangkat yang lain. Karena hal ini dapat menular ke perangkat lainnya.

Setelah itu disconekkan perangkat dari network drive, harddrive external, cloud storage, maupun flashdish. Cara ini perlu diterapkan karena untuk memutus rantai penyebaran virus. Agar tidak menginfeksi perangkat lain. Jika langkah ini sudah anda lakukan, maka setidaknya kita telah menyelamatkan perangkat lain dari virus tersebut.

  1. Mencari Tahu Jenis Ransomeware Yang Menginfeksi

Langkah selanjutnya kita perlu mencari tahu sekiranya jenis apa yang menginveksi perangkat anda. Apakah itu jenis Filcoders, Scareware, Doxing ransomware, atau bahkan Screenlockers. Semua jenis virus tersebut termasuk dalam kategori ransemware. Dari tingkat bahayanya semua jenis tersebut sama-sama berbagahaya.

  1. Menggunakan Beberapa Antivirus Maupun Tools Untuk Menghapus 

Cara utama untuk menghilangkan virus ini adalah menggunakan bantuan antivirus, anti makware, maupun tools pembantu untuk mengatasi virus tersebut. Beberapa tols dan anti virus yang sudah mendukung penghapusan ransemware diantaranya adalah Avast, Malwarebytes, Kaspersky, ESET, atau beberapa aplikasi yang lain.

  1. Restore File Terenskripsi

Setelah berhasil menghilangkan virus yang ada, kemudian kita hanya perlu mengembalikan serta memulihkan data kita. Pengembalian data bisa dilakukan dengan cara merestore file. Jika anda rajin untuk membeckup data setiap periode waktu tertentu, maka dengan cara restor saja file anda dapat kembali seperti semula.

Baca Juga : Tindakan Menghemat Energi Saat ini

Itulah beberapa cara mengatasi virus ransemware yang banyak meresahkan pengguna windows di seluruh dunia. Dengan 4 cara diatas anda dapat menghilangkan virus ini, hingga mengambalikan data secara lengkap.