Categories
Uncategorized

Membuat Rangkaian Listrik Paralel

evacuate-fukushima.com – Terdapat dua jenis rangkaian listrik untuk menyambungkan satu perangkat ke sumber dayanya yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel. Pada rangkaian paralel, arus dari sumber daya utama akan dialirkan melalui beberapa jalur. Setiap perangkat akan disambungkan dengan masing-masing rangkaianya. 

Rangkaian ini memiliki kelebihan lain, salah satunya adalah jika terdapat kerusakan di satu bagian tidak akan berhenti arus listrik dan tetap dialirkan ke perangkat lain. Kali ini akan dijelaskan bagaimana merangkai suatu listrik dengan paralel

Membuat dengan Bahan Kertas Aluminium 

  1. Tentukan sumber daya untuk rangkaian 

Anda dapat memilih baterai sebagai sumber daya dalam perakitan ini. sebab baterai murah, udah didapatkan dan praktis saat penggunaan. Pilih baterai berdaya 9 volt. 

  1. Pilih benda yang akan dijadikan muatan 

Perangkat yang disambungkan dapat jenis lampu apa saja, namun yang paling sering digunakan adalah memang dengan lampu. Namun Anda bisa gunakan bola lampu senter. 

  1. Gunakan konduktor berupa kertas aluminium. Cara ini menggunakan konduktor berupa kertas aluminium dalam pembuatannya. Kertas akan berfungsi dalam menyatukan antar sumber dayanya dengan muatan. Bagi kertas dengan dipotong gunakan gunting menjadi empat bagian setrip yang kecil. dua setrip diantaranya berukuran 20 cm dan dua yang lain ukuran 10 cm. 
  2. Setrip konduktor pertama sambungkan dengan baterai. Setelah tersambung, Anda dapat melanjutkan langkah selanjutnya untuk pembuatan. 
  • Setrip 20 cm sambungkan dengan bagian baterai positif. 
  • Sambungkan dan lakukan hal yang sama pada baterai negatif. 
  1. Bola lampu sebagai muatan sambungkan pada rangkaian. 
  • Ambil dua setrip dengan ukuran 10 cm kemudian lilitkan ujung salah satu setrip ke setrip yang dipasangkan di bagian positif pada baterai. (pasangkan masing-masing setrip dengan jarak 10 cm dari baterai dan strip lainnya kira-kira 7,5 cm)
  • Bagian ujung yang bebas dari setrip yang pendek lilitkan di masing-masing lampu. Gunakan selotip untuk merekatkan antar kabel agar tidak lepas. 
  1. Bereskan hingga akhir rangkaian. Cek lampu setelah Anda menyelesaikan pekerjaan pembuatan ini. seharusnya bola lampu yang Anda miliki akan menyala. sambungkan bagian ujung pada bola dengan setrip panjang. 

Baca Juga :

Membuat dengan Bantuan Kabel dan Sakelar 

  1. Siapkan bahan dalam membuat dengan metode ini. Anda perlu menyiapkan, dua muatan atau benda yang membutuhkan listrik untuk berjalan), sakelar dan konduktor. 
  2. Sediakan kabel-kabel yang Anda perlukan. Kabel dipotong menjadi lima dengan panjang sekitar 15 cm dan 20 cm. Buka bagian insulsi di kabel dengan panjang 1,25 cm pada kedua ujung potongan kabel. 

Baca Juga : Cara Mudah Memperbesar Ukuran Foto JPG Secara Online Maupun Offline

  1. Sambungkan bola dengan sumber baterai 
  2. Hubungkan sakelar ke baterai 
  3. Sambungkan bagian sakelar tadi dengan bola 
  4. Lakukan dengan menyambungkan pada bagia bola kedua 
  5. Bereskan rangkaian paralel yang Anda kerjakan